Menopause Dini - Umur Berapa bisa disebut Menopause dini?

Berdasarkan penelitian, di Amerika Serikat usia rata - rata menopause sekitar umur 51 tahun, tapi ada beberapa kasus dimana seorang wanita mengalami apa yang disebut dengan menopause dini, karena terjadi sebelum umur 40 tahun, hal ini bisa disebabkan karena genetika, prosedur medis atau penyakit.

menopause dini

Gejala Menopause Dini


Gejala untuk menopause dini hampir sama dengan menopause pada umumnya yaitu :

1. Menstruasi yang tidak teratur
2. Hot flush atau rasa panas dan kering pada vagina
3. Pada kandungan kemih cepat merah
4. Mengalami erubahan emosi
5. Sulit tidur
6. Dan yang terakhir adalah penurunan gairah seks.

Jika Anda mengalami beberapa gejala di atas sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter, untuk memastikan apakah Anda  mengalami menopause dini atau tidak.

Biasanya untuk mengetahui Anda mengalami menepuase dini adalah dengan cara tes darah. Dengan tes darah ini bisa diketahui kadar estradiol Anda rendah atau tinggi.

Estradiol adalah suatu bentuk estrogen jadi ketika indung telur mulai menutup maka cuma ada sedikit di dalam tubuh, ketika kadar estradiol Anda sudah di bawah 36, itu bisa menjadi petunjuk bahwa Anda mengalami Menopause Dini. Namun ini bukan tes yang pasti, karena kadar estrogen setiap wanita bervariasi.

Meskipun menopause dini gejalanya sama dengan menopause alami, wanita yang mengalaminya di bawah umur 40 tahun, sering merasakan efek yang lebih kuat, in disebabkan karena mayoritas wanita yang mengalami menopause dini diakibatkan karena menopause melalui pembedahan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel